News

internal audit  
Inhouse training Internal Auditor Integrated Base On ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001  

Pelaksanaan training untuk kedua kalinya ini merupakan bentuk komitmen PT Hillconjaya Sakti untuk terus meningkatkan kompetensi

karyawan dengan memperbanyak jumlah Auditor Internal di Perusahaan. Dan merupakan upaya perusahaan untuk menjamin

berjalannya sistem manajemen mutu, lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja (integrated system) berjalan lebih efektif dan efisien.


Training internal auditor ini juga menjadi syarat bagi seorang internal auditor dalam menjalankan tugasnya sebagai internal auditor di perusahaan.
Training yang dihadiri oleh seluruh perwakilan dari masing-masing department baik di Head Office maupun Project ini berjalan selama 3 hari

bertempat di Training Center PT Hillconjaya Sakti di Head Office. Training di buka secara resmi oleh Direktur Operasional PT Hillconjaya Sakti.

 

 

darurat

 

Head Office/Kantor Pusat PT Hillconjaya Sakti yang terletak di Taman Modern Blok-R2 No. 18 Cakung Jakarta Timur terletak di area yang cukup padat baik perumahan, perdagangan, perbengkelan, dan sebagainya. Dengan kondisi lingkungan yang berpotensi besar terjadi keadaan darurat misalnya kebakaran dll. Maka sesuai dengan SHAKTI Management System HJS/SHE/2015/SOP-007 tentang Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat perlu dilakukan latihan simulasi keadaan darurat, hal ini bertujuan agar karyawan memiliki pengetahuan dan kesadaran akan kondisi keadaan darurat serta mengetahui apa yang harus dilakukan. Adapun hal-hal yang harus dilakukan dalam menghadapi kondisi keadaan darurat kebakaran sebagai berikut :

 

Jangan Panik, karyawan yang mengetahui/melihat kebakaran segera mengambil APAR yang terdekat dan berusaha memadamkan api sambil berteriak memberitahukan kepada karyawan lainnya yang segera melaporkan adanya kebakaran kepada SHE Departemen atau tim tanggap darurat. 

Tim evakuasi bertanggung jawab untuk membunyikan alarm (jika ada) atau tanda bahaya secara terus menerus dengan jeda disertai pemberitahuan adanya kebakaran melalui pengeras suara.

 

Tim penanggulangan kebakaran memberitahukan kepada petugas pemeliharaan/teknisi untuk memadamkan aliran listrik yang tidak dibutuhkan.

Tim evakuasi memberitahukan kepada semua pegawai termasuk tamu atau pengunjung untuk menuju kedaerah yang aman dengan cara memberikan komando

-Tidak boleh panik

-Tinggalkan tempat kerja sesuai arah peta daerah aman dan evakuasi

-Jangan terburu-buru sewaktu menuju daerah aman (tempat berkumpul ke daerah darurat) dan sewaktu menaiki tangga.


 
   

 

 

 

 

 

kampanyeshe1 kampanyeshe2

Kampanye K3LH sebagai media informasi “kesadaran” kepada semua pekerja akan pentingnya keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan hidup dan sebagai upaya atau langkah-langkah untuk menghindari atau mengurangi dampak bahaya yang akan menjadi kecelakaan atau untuk mengurangi efek dari kecelakaan ketika hal tersebut terjadi.

Adapun kegiatan kampanye K3LH yang dilakukan seperti pemasangan banner dan spanduk dibeberapa area kerja.

 

Inspeksi K3LH adalah suatu proses untuk menemukan potensi bahaya yang ada ditempat kerja untuk mencegah terjadinya kerugian maupun kecelakaan di tempat kerja dalam penerapan keselamatan, kesehatan kerja dan Lingkungan Hidup di PT. Hillconjaya Sakti.   inspeksi k3lh

 

 

Lingkungan Hidup

Manajemen PT.Hillconjaya Sakti berkomitmen untuk mendukung tujuan dan sasaran tentang pengelolaan lingkungan hidup diantaranya adalah pengelolaan hidrokarbon (oil, gress, solar, B3, dan sebagainya).

Upaya yang dilakukan untuk mendukung pengelolaan lingkungan hidup adalah sebagai berikut:

- Berupaya menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dan memiliki tatarumah tangga yang baik (prinsip good housekeeping 5R)

- Berupaya mengelola aspek dan dampak lingkungan

- Berupaya mengurangi insiden lingkungan

- Berupaya meningkatkan kepedulian lingkungan serta melakukan efisiensi dalam menggunakan sumberdaya lingkungan

audit bakan

Pengertian Audit

audit adalah membandingkan antara “Kriteria Audit” dengan kondisi actual,

Menurut Wikipedia Audit atau pemeriksaan dalam arti luas bermakna evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses, atau produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif, dan tidak memihak, yang disebut auditor. Tujuannya adalah untuk melakukan verifikasi bahwa subjek dari audit telah diselesaikan atau berjalan sesuai dengan standar, regulasi, dan praktik yang telah disetujui dan diterima.
kondisi actual adalah apa yang terjadi di lapangan misalnya kita bisa melihat laporan-laporan, demonstrasi karyawan dalam melakukan pekerjaan, dll

sedangkan kriteria audit adalah standard yang diajadikan acuan, misalnya kita akan menjalankan audit internal untuk standard ISO 9001:2008 jadi yang menjadi acuan adalah ISO 9001:2008 requirement (Klausal-klausal yang sesuai dengan ISO 9001:2008 termasuk didalamnya prosedur ISO 9001, Instruksi Kerja ISO 9001, Policy, UU, Surat Edaran, dll yang berlaku di perusahaan tersebut.

 

Tujuan Audit Mutu Internal

Audit bertujuan untuk melihat kesesuaian antara kondisi actual dan apa yang tertlis di dokumen, kondisi actual itu bisa berupa record atau catatan mutu ataupun observasi dengan melihat tata cara seseorang dalam melakuakan tugas/ pekerjaannya apakah sesuai dengan yang tertulis dalam Prosedur/ Instruksi Kerja.

Audit Juga bertujuan untuk melihat potensi improvement (effektifitas & Effisiensi) dari suatu proses.

Audit juga bisa dijadikan sarana pembelajaran baik bagi auditor maupun auditee sendiri, karena mereka bisa mempelajari proses dari bagian lain, dan sekaligus bisa menularkan pengetahuannya ke bagian yang di audit.

yang terutama audit ini bertujuan sebagai alat untuk memonitor implementasi system manajemen yang diterapkan perusahaan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan atau masih perlu ditingkatkan lagi, sekaligus memetakan mana departemen atau bagian yang sudah baik implementasi dan performancenya dan mana bagian yang belum begitu bagus, sehingga langkah-langkah perbaikan bisa diambill segera.

 

Training ISO 14001:2015 Interpretation

 

Sasaran Training ISO 14001

• Memahami secara benar, konseptual, dan komprehensif tentang persyaratan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2015
• Memahami identifikasi tanggung jawab dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 sesuai dengan fungsi masing- masing
• Memahami proses sertifikasi dan lembaga sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan di Indonesia & Internasional

 

Outline Training ISO 14001

• Prinsip Sistem Manajemen Lingkungan ISO14001
• Pemahaman Persyaratan ISO 14001
• Manfaat dan Konsekwensi Penyimpangan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001
• Peran, Tanggungjawab dan Wewenang dalam Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001
• Tujuan dan Tahap Pengelolaan Lingkungan
• PDCA SML ISO 14001
• Penerapan dan Pengembangan Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001

 

Metode Training

Training ini menggunakan Metode Accelerated Learning lebih menitikberatkan pada peran aktif peserta pelatihan

 

Siapa yang harus ikut

Kandidat Wakil Manajemen, Tim Implementasi ISO 14000, Manager, Supervisor, Engineer, Praktisi di bidang continuous improvement/ produksi & operasi dan semua pihak yang terkait dengan proses improvement.

penghargaan tingkat nasional
Penyerahan Sertifikat Zero Accident Award Tingkat Propinsi Kal-Teng 2015

Syukur Alhamdulillah bahwa PT Hillconjaya Sakti Project Tamiang Layang berhasil mendapatkan penghargaan Zero Accident Award dari Pemerintah Propinsi Kalimantan Tengah tahun 2015. Penghargaan ini merupakan penghargaan atas prestasi sebuah perusahaan atas kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan tidak ada kecelakaan kerja (1 Juta jam kerja tanpa hari hilang).

Penyerahan penghargaan diberikan oleh Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Tengah bertempat di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Propinsi Kalimantan tengah.

Penghargaan ini diberikan secara bertahap mulai dari Tingkat Kabupaten, Tingkat Propinsi hingga Tingkat Nasional. Semoga PT Hillconjaya Sakti di semua Project dapat mendapatkan penghargaan serupa dikemudian hari, bukan karena ingin mengejar penghargaan namun lebih kepada peningkatan kinerja di Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) khususnya meniadakan hari hilang akibat kecelakaan.

senam pagi

Untuk menjaga kesehatan dan kebersamaan antar karyawan dan kesolidan team di lapangan. Maka senam pagi sangat bagus di laksanakan secara bersama-sama.

pelatihan penggunan apar

Untuk implementasi penggunaan APAR diperlukan pelatihan dari Instruktur yang berkompeten di bidangnya. Dalam hal ini PT. Hillconjaya Sakti telah melaksanakan pelatihan Pelatihan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berupa : Teori, Manajemen Keadaan Darurat, Praktek Pemadaman Api Mula menggunakan Karung Goni Basah, Praktek Pemadaman Api Mula menggunakan APAR, Praktek Penggunaan Hydrant dan Simulasi Keadaan Darurat yang diikuti oleh semua karyawan.